Friday 19 July 2013

Karya Tulis Ilmiah



Persyaratan Lomba Karya Tulis Ilmiah



A.     Ketentuan umum
1.    Peserta adalah kalangan pelajar SMA atau sederajat se-Indonesia.
2.  Setiap sekolah hanya dapat mengirimkan tim/individu sebanyak 1 (satu) judul karya tulis dengan karya tulis yang dapat dikerjakan secara individu atau kelompok maksimal 3 orang.
3.  Setiap karya tulis adalah gagasan orisinil buatan peserta dan belum pernah diikutsertakan            pada lomba sejenis.
4.    Setiap peserta dapat mengunduh formulir pendaftaran di blog “WATER FESTIVAL 2013”.
5. Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp60.000/tim dan dikirimkan melalui rekening “WATER FESTIVAL 2013”.

Bank BNI
Cabang Kota Bogor
Atas nama : Nurul Hikmah Amalia
Nomor rekening 0197509034

Setelah membayar, Peserta wajib mengirim sms ke contact person untuk keterangan pembayaran, dengan format : “Telah membayar biaya lomba KTI WATER FESTIVAL 2013 sebesar Rp60.000,00. no rek. peserta, atas nama, nama tim, sekolah, nama kota.” Panitia akan membalas konfirmasi sms dalam waktu 1x24jam.
6. Pengumpulan berkas hasil karya tulis ilmiah dimulai pada tanggal 29 Juli 2013 dan dapat dikumpulkan paling lambat pada tanggal 26 Agustus 2013.
7.   Berkas karya tulis ilmiah dikumpulkan dalam bentuk hardcopy dan softcopy. Bentuk     hardcopy adalah dengan mengirimkan fotokopi identitas diri sebanyak 2 rangkap untuk    masing-masing tim/individu, fotokopi formulir pendaftaran, dan fotokopi bukti pembayaran. Peserta juga diwajibkan untuk mengirimkan softcopy karya tulis ilmiah dalam bentuk Compact Disc (CD) dengan format Microsoft Word (.doc). Berkas softcopy dimasukkan kedalam amplop yang disatukan dengan berkas hardcopy dan dikirim dengan judul “Lomba Karya Tulis Ilmiah – Water Festival 2013” hasil dikirimkan via pos ke :

Water Festival 2013
Sekretariat Himpunan Mahasiswa Manajemen Sumberdaya Perairan
Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan
Gedung Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Level 3 Wing 7
Jl. Agatis Kampus IPB Darmaga, Bogor – Indonesia

Hasil karya tulis ilmiah juga dikirimkan via email di waterfestivalid@gmail.com
8. Pengumuman peserta yang lolos babak penyisihan dan masuk tahap selanjutnya yaitu mempresentasikan karya tulisnya diumumkan pada tanggal 5 September 2013 di blog “WATER FESTIVAL 2013”.
9. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada H Puncak Water Festival 2013 tanggal 22 September 2013 di Auditorium Sumardi Sastrakusumah, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

B. Ketentuan Khusus
1.  Tema dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah di Water Festival 2013 adalah “Paradox of Water (Kebanjiran Vs Kekeringan)”
2.  Karya tulis merupakan tulisan yang berisi gagasan kreatif yang disusun secara komperensif berdasarkan data akurat yang dianalisis secara runut, tajam, dan diakhiri dengan kesimpulan yang relevan.
3.    Kreatif dan objektif
4.    Logis dan sistematis
5.   Menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang            disempurnakan (EYD).
6.   Naskah yang akan dikumpulkan tidak dibatasi halamannya. Harap memasukkan abstrak, daftar pustaka minimal 3 dan lampiran (jika ada). Jumlah halaman tidak mempengaruhi penilaian.
7.    Format: ukuran kerta A4, spasi 1,5, ukuran huruf 12, bentuk huruf Times New Roman, margin dari samping kiri, kanan, atas, dan bawah adalah 4-3-3-3
8.   Judul karya tulis diketik menggunakan huruf besar dengan jenis huruf style bold (cetak tebal) dengan posisi di tengah tanpa digarisbawahi.
9.    Alinea baru diketik menjorok ke dalam sebanyak 7-8 karakter (sekitar 1,25 cm).
10.  Peserta yang tidak mengikuti atau melanggar ketentuan yang diberikan akan dianggap gugur dari perlombaan (diskualifikasi).
11.  Peserta yang lolos babak penyisihan diharuskan melakukan presentasi karya di hadapan dewan juri pada tanggal 21 September 2013 di Ruang Diskusi Departemen (RDD) Manajemen Sumber Daya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.
12.  Biaya akomodasi peserta ditanggung sendiri oleh peserta.
13.  Hasil karya tulis yang sudah dikirim menjadi hak panitia dan keputusan dewan juri tidak           dapat diganggu gugat.

CONTACT PERSON
Anggun Sasmita         : 085269678163

No comments:

Post a Comment